motor listrik

Industri otomotif di Indonesia kini mulai mengikuti perkembangan jaman. Ya, moda transportasi kendaraan roda dua sekarang sudah ada beberapa yang bermesin listrik. Namun, kehadiranya motor listrik saat ini masih banyak yang mempertanyakan, khususnya ketangguhan dari baterai yang digunakan.

Gunadi Sindhuwinata, Presiden Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO), baterai menjadi alasan kekhawatiran lantaran belum diketahui dari segi ketahanan hingga durasinya. Terlebih dengan kondisi cuaca di Indonesia, yang saat memasuki musim penghujan juga banyak jalan banjir.

Gunadi menjabarkan saat ditemui pada acara Small Engine Technologi Conference (SETC) . “Seandainya kendaraan listrik terendam banjir, akan terjadi apa? Jangan jangan bisa timbul percikan api. Kalau sudah begitu yang mengendarai bisa mati. Hal semacam ini yang sangat perlu diperhatikan” .

Tak hanya banjir yang menjadi kekhawatiran, bagian mesin listrik bisa juga menjadi masalah jika sudah datang musim hujan. Karena, listrik memang sangat menjadi masalah ketika terkena dengan air.

Mantan Ketua dari AISI ini meminta agar para pihak terkait terus membuat standardisasi dengan sebaik-baiknya. Guna membuat para produsen dan pengguna terasa nyaman saat dengan kehadiran motor bermesin listrik ini.

Perihal Kendaraan dengan Tenaga Listrik, Produsen Motor Memiliki Saran untuk Pemerintah

Banyaknya kemunculan sejumlah sepeda motor listrik di Indonesia dewasa ini membuat Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencoba memberikan masukan positif untuk pemerintah.

Dari keterangan tertulisnya, saran yang memiliki kaitan dengan potensi berkembangnya kendaraan listrik untuk menyiapkan sejumlah kebijakan yang komprehensif. Sehingga hal-hal yang di kemukakan nantinya dapat melindungi konsumen dan masyarakat pengguna sepeda motor listrik ini.

Kehadiran moda transportasi sepeda motor listrik. Saat ini disebut-sebut memiliki harapan bisa menggantikan media transportasi sepeda motor yang berbahan bakar bensin.

Meski para produsen di Indonesia belum terbuka dari agenda peluncuran sepeda motor listrik. Masing-masing mengklaim sudah memiliki tampilan luar terbaik juga tekhnologi dalam yang mumpuni. Siap untuk produksi masal, layak dan bersiap untuk memasarkanya.

Dalam keterangan tertulis, Loman salah satu anggota AISI membenarkan. “Kami sedang mengembangkan model motor listrik yang memiliki jarak tempuh yang lebih baik sehingga masyarakat tidak sering-sering mengisi ulang baterai”.

Dia juga menambahkan, beberapa kebutuhan masyarakat terkait motor listrik antara lain jarak tempuh, waktu pengisian batrai, hingga harga yang terjangkau.